Banyak dari kita yang kurang memahami letak dan posisi pemasangan AC (Air conditioner) yang benar dan dibiarkan begitu saja yang penting asal ruangan dingin. Pemasangan AC Ruang sangat menetukan kualitas kedinginan dan keawetan AC Ruang, untuk itu bagi anda yang ingin memasang AC Ruang baru atau 2nd dan ingin merawatnya, maka mulailah dari posisi pemasangan, sebab pemasangan yang kurang baik walaupun anda melakukan perawatan cleaning service secara teratur tetap saja AC Ruang anda tidak akan bertahan lama, berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika pemasangan AC Ruang.

Beberapa tips dan cara memasang AC yang baik dari saya mungkin bermanfaat untuk anda yang akan memasang AC (Air conditioner) pada rumah anda :

1. Letak posisi unit AC (bagian ruang dalam)
Letak posisi AC yang baik sangan berpengaruh terhadap kondisi ruangan yang akan di pasang AC. Posisi AC harus terletak minimal 15 cm dari atap agar sirkulasi udara lebih baik. Hal lainya yang perlu di perhatikan untuk posisi unit AC bagian dalam ruangan yang terletak pada bagian bawah jangan memasang AC yang di bawahnya terdapat sumber listrik, alat elektronik, komputer, dan alat-alat yang tidak boleh terkena air ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila AC Ruang dalam kondisi kotor dan air akan menetes dari AC. Kemudian satu hal yang perlu di perhatikan lagi adalah jangan mengarahkan hembusan udara dingin langsung mengenai tubuh anda, karena kurang bagus untuk kesehatan dan kulit tubuh anda.

2. Letak posisi unit AC (bagian luar ruangan)
Titik keawetan AC yang ada di ruangan dalam terletak pada posisi unit AC bagian luar ruangan. Yang perlu di perhatikan pemasangan AC bagian luar ruangan harus lebih rendah minimal 30 cm antara nepel (sambungan pipa) indoor dan outdoor hal ini bertujuan agar oli mesin akan selalu kembali ke AC bagian luar ruangan.

3. Letak posisi pipa penghubung Outdoor-Indoor
Pada letakn pipa penghubung yang menjadi titik fokus adalah panjang pipa yang akan digunakan sebagai penghubung antara letak posisi AC bagian dalam dan luar. Selain itu, pipa penghubung harus diperhatikan sebab jika pipa sampai bengkok ini akan mengganggu sirkulasi refrigran. Panjang pipa penghubung yang paling efektif memiliki panjang atara 9 meter sampai 12 meter (tergantung daya AC Ruang) jika kurang dari 3 meter sebaiknya pipa penghubung digulung dibelakang outdoor sehingga mencapai 3 meter.

4. Letak saluran pembuangan
Satu hal lagi yang perlu jadi bahan pertimbangan adalah jalur pembuangan air, sebab jika jika pemasangan tidak benar makan hal yang terjadi air akan menetes pada AC bagian dalam ruangan.

Mudah bukan? Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang akan memasang pendingin ruangan di rumah anda. Sisi lainya untuk anda yang akan memasang AC di rumah anda ialah jagan melupakan keindahan ruangan anda. Posisikan sesuai dengan keadaan ruangan anda.