Banyak dari kita sudah mengetahui fungsi dari AC (Air conditioner) yaitu sebagai alat pendingin ruangan. Namun fungsi AC secara garis besar adalah AC (Air conditioner) sebuah alat yang berfungsi untuk mengkondisikan udara menjadi lebih fres dan dingin. Penggunaan AC pada sebuah ruangan dimaksudkan untuk memperoleh temperatur udara yang diinginkan (sejuk atau dingin).

Nah sudah tau kah anda pengertian AC (Air conditioner) secara garis besar? Kali ini admin ingin membahas mengenai cara kerja AC. Bagaimana cara kerja AC sehingga memberikan efek pendingin dalam ruangan anda? Cuba simak beberapa cara kerja AC (Air condotioner) :

1. Cara kerja compressor dalam AC (Air conditioner)
Kompresor merupakan sebuah alat yang bertugas untuk menghisap uap refrigen dari evaporator (kemudian menekan dan mengkompres) dengan demikian suhu udara pun menjadi lebih tinggi. Tugas dari kompresor itu sendiri adalah dengan mengubah tekanan sehingga berpindah dari sisi bertekanan tinggi ke sisi berekanan lebih rendah.

2. Cara kerja kondensor dalam AC (Air conditioner)
Kondensor merupakan salah satu jenis mesin penukar kalor (heat exchanger) yang berfungsi untuk mengkondensasikan fluida kerja. Pada sistem tenaga uap, jadi bisa disimpulkan cara kerja kondensor adalah suatu alat yang terdiri dari jaringan pipa dan digunakan untuk mengubah uap menjadi zat cair (air).

3. Cara kerja Orifice tube dalam AC (Air conditioner)
Orifice tube merupakan tempat di mana cairan bertekanan tinggi dan suhu tinggi di turunkan tekanannya dan suhunya berubahn menjadi cairan dingin bertekanan rendah.

4. Cara kerja Katup ekspansi dalam AC (Air conditioner)
Posisi dari Katup ekspansi berada di saluran masuk sebelum evaporator karena tugas katup ekspansi ini untuk mengabutkan freon bertekanan tinggi yang datang dari kompressor, kondensor dan receiver drier.

5. Cara kerja evaporator (pendingin) dalam AC (Air conditioner)
Evaporator merupakan suatu alat yang memiliki fungsi untuk mengubah keseluruhan atau sebagian suatu pelarut dari sebuah larutan berbentuk cair menjadi uap sehingga hanya menyisakan larutan yang lebih padat atau kental, proses yang terjadi di dalam evaporator disebut dengan evaporasi.

Dari beberapa uraian di atas mengenai cara kerja AC (Air Conditioner) yang dapat kita simpulkan adalah cara kerja kompresor, kondensor, orifice tube, evaporator, katup ekspansi, dan evaporator yang terdapat di dalam mesin pendingin ruangan AC (Air conditioner).